Pendampingan IUWASH PLUS dan PT Indogreen dalam pengembangan Instrumentasi IoT logger dan sensor Perumda Tugu Tirta Kota Malang

 

Sesuai dengan Visi perusahaan menjadi perusahaan air minum yang sehat dan dibanggakan dengan pelayanan prima yang berkelanjutan, maka untuk mencapai pelayanan prima maka harus terus ber inovasi,salah satu inovasi yang dikembangkan saat ini adalah di bidang instrumentasi IoT dengan pembuatan logger serta sensor secara mandiri. IUWASH Plus dalam hal ini juga konsen membantu menfasilitasi PDAM2 se Indonesia yang mempunyai program untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan maka dengan adanya inovasi yang dilakukan oleh perumda tugu tirta kota malang bisa menjadi percotohan untuk PDAM2 lain, oleh karena itu IUWASH Plus berkolaborasi dengan PT Indogreen untuk mendampingi agar inovasi ini bisa terwujud dengan baik dan bisa di implementasikan.

Pendampingan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 4 Maret 2020 – 6 Maret 2020 bertempat di kantor perumda tugu tirta kota malang. Tim Instrument IoT terdiri dari ; Gigih Yuli Asmara, ST, Rizal Chamdi, SST, Muhammad Samsul Arif, SST, Ryan Rahmatullah, Wahyu Saputra dan Idian Putra SKom. Pendampingan di hari pertama dilakukan kunjungan ke lokasi pemasangaan logger versi 1 dan versi 2 yang sudah dibuat oleh tim Instrument IoT yang sudah dipasang di Critical Point (tekanan) dan di inlet DMA (Debit dan Tekanan) untuk dibahas bersama serta diskusi kendala nya, setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan awal tentang Instrumentasi logger dan sensor yang bisa dibuat secara mandiri. Dilanjut di hari ke 2 tentang pengenalan aplikasi desain PCB serta praktek desain PCB dengan aplikasi. Kemudian di hari terakhir penyelesaian PCB yang nanti akan di gunakan untuk pengembangan logger Versi 3.

Selama pendampingan ini, PT Indogreen banyak memberikan ilmu dan masukan, banyak hal yang didapat dan sangat bisa segara dimplementasikan di perumda tugu tirta. Pihak IUWASH Plus juga sangat berharap dengan adanya pendampingan ini bisa memberi manfaat dan bisa segera dikembangkan lagi, juga berharap nanti bisa ditularkan ke PDAM2 lain. Inovasi pembuatan logger serta sensor secara mandiri ini mendapatkan full support dari Ibu Ir. Ari Mukti. MT selaku direktur teknik, beliau berharap bila nanti bisa dipatenkan juga inovasi ini juga bisa akan lebih bermanfaat untuk implementasi SCADA di perumda tugu tirta dan juga nantinya bisa menjadi bisnis lain non air.

 

humas pdam kota malang