Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan bersama Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh studi banding tentang penerapan evaluasi jaringan pipa dan Implementasi SCADA di Perumda Tugu Tirta Kota Malang

 

Dalam rangka peningkatan pelayanan air bersih di Kota Payakumbuh yang selama ini belum bisa memberikan pelayanan air bersih secara kontinyu selama 24 jam dan juga keinginan untuk mengetahui teknologi SCADA di bidang air bersih maka Dinas PUPR serta Perumda Tirta Sago Koya Payakumbuh melakukan studi tiru ke Kota Malang, karena secara system distribusi air sudah bisa memberikan layana iar secara 24 jam ke pelanggan dan sudah mengimplementasikan SCADA.

Dalam studi banding ini hadir 12 orang teridiri dari Kepala Dinas PUPR, Kabid Ciptakarya, Kabag Teknik PDAM, Kabag Keuangan PDAM, Kasubag Hubungan Langganan, Kasubag Pertek, Kasubag Produksi, Kasubag Perencanaan Teknik, Kasubag Produksi, Kasubag Perencanaan Keuangan, Kasubag pembukuan, staf IT, Staf umum dan staf distribusi. Kemudian dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang diterima langsung oleh direktur utama bapak M. Nor Muhlas S.Pd, M.Si. didampingi direktur teknik ibu Ir. Ari Mukti, MT. bersama Manajer Kehilangan Air Bapak Rahmad HS. SH, Asmen pengendalian Asmen Humas Ibu Agustyah Isnaini W. SE dan Asmen Instrument Control _ SCADA  Bapak Gigih Yuli Asmara, ST, spv DMA Frida Handini, ST dan spv Pressure Management Asvie Hermawan ST. Studi tiru ini diawali dengan saling perkenalan masing – masing personil dan maksud yang ingin di lihat atau diketahui oleh Kota Payakumbuh dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang, kemudian dilanjut dengan penyampaian profil dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang oleh Dirut dan Dirtek . Setelah itu baru di paparkan tentang SPAM jaringan perpipaan oleh manajer kehilangan air dilanjutkan SCADA oleh Asmen Instrument Control _ SCADA  yang dibarengi dengan diskusi serta Tanya jawab mengenai SCADA, SPAM, NRW sampai ke hal metode impelementasinya agar semua program tersebut bisa berjalan samapai dengan menjadi seperti saat ini.

Dalam studi banding ini Kepala Dinas PUPR Kota payakumbuh mendapatkan info dan penjelasan yang cukup lengkap tentang manajemen distribusi jaringan pipa serta tips dan triknya agar bisa tertata dan tersistem dengan baik per zona wilayah layanan sehingga mudah dalam monitor dan evaluasinya, dan sangat mengapresiasi peran dari pemda kota malang untuk mensupport perumda tugu tirta kota malang untuk layanan air bersih kota malang dengan penyertaan modal yang cukup besar. Begitu juga para rombongan dari perumda tirta sago sangat terkesima sekali dengan implemtasi system pengendalian jariangan pepripaan yang berdasar zona dan DMA serta implementasi SCADA untuk mendukung proses monitor dan evaluasi system tersebut, mulai dari pemetaan peta GIS, Kehilangan air (NRW), manajemen asset serta aduan pelanggan.

Di sesi akhir Kota Payakumbuh  di ajak ke TCC (TWUIN Command Center) Perumda Tugu Tirta untuk melihat langsung SCADA SPAM serta aplikasi portal TWUIN dan bisa berdiskusi langsung dengan operator SCADA tentang operasionalnya, karena untuk saat ini TCC sudah beroperasi selama 24 jam. Saat disini rekan – rekan Kota Payakumbuh semakin yakin dan kagum bahwa Perumda Tugu Tirta Kota Malang saat cocok sekali dijadikan mentor atau percontohan untuk PDAM nya bahkan PDAM se Indonesia, dan berkomentar kelasnya sudah internasional dalam implementasi digital era industry 4.0. maka Kota Payakumbuh memohon ijin untuk bisa berkerjasama dengan Perumda Tugu Tirta Kota Malang,untuk belajar NRW - SCADA dan IT. Beliau ingin inovasi2 di Perumda Tugu Tirta Kota Malang bisa diimplementasikan juga di kota Payakumbuh.  Kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cindera mata khas kota Payakumbuh ke direktur utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang  bapak M. Nor Muhlas S.Pd, M.Si.